Apa itu Kotlin ? Kotlin adalah bahasa pemrograman yang baru saja dikenalkan oleh Google pada acara Google I/O 2017. Kotlin dikembangkan oleh JetBrains yang juga mengembangkan IntelliJ dan Android Studio. Kotlin diambil dari nama pulau yang berada di dekat St.Petersburg.

Kotlin diharapkan dapat menggantikan bahasa Java sebagai bahasa pemrograman utama untuk pengembangan aplikasi Android. Untuk menggunakan Kotlin kamu harus menggunakan Android Studio 3.0 ke atas. Perlahan tapi pasti hal tersebut sudah mengarah ke sana. Hal tersebut terjadi karena Oracle mencari segala cara agar Google membayar royalti ke Oracle sebagai pengembang utama Java.

Lalu apa perbedaan Java dengan Kotlin ? Kotlin dipengaruhi oleh bahasa pemrograman Java, Swift, Groovy dan JavaScript. Sedangkan Java sendiri dipengaruhi oleh bahasa Python, C#, PHP, dan Scala. Jika dilihat dengan seksama, baris kode(syntax) Kotlin hampir mirip dengan Swift (Bahasa pemrograman untuk pengembangan aplikasi iOS dan macOS).

Kelebihan Kotlin antara lain memiliki syntax (baris kode) yang rapi dan ringkas, mengurangi boillerplate sehingga cocok bagi kamu yang menginginkan baris kode yang rapi atau clean code. Jika di Java kamu akan terbiasa dengan null pointer exceptions, maka bersyukurlah karena pada Kotlin kamu tidak akan menemukan itu lagi. Kotlin emndukung library yang ada pada Java Virtual Machine (JVM).

Kekurangan Kotlin adalah karena Kotlin masih baru sehingga belum banyak tutorial atau buku untuk belajar bahasa pemrograman kotlin. Namun, kalian bisa bergabung di grup Facebook Kotlin Indonesia.

Berikut :

 

 

 

 

 

 

# # #

November 17, 2017

Leave a Reply

%d bloggers like this: